| 
      Penelitian ini bertujuan melakukan analisis terhadap pemahaman konsep
matematis dalam pemecahan masalah ditinjau dari perbedaan gaya belajar serta perbedaan gender peserta didik kelas V sekolah dasar. Faktor-faktor apa yang berkaitan dengan cara peserta didik memahami konsep dalam melakukan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 125 peserta didik kelas lima berpartisipasi dalam penelitian ini Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes pemahaman dan angket. Setelah data terkumpul maka dilakukan olah data dengan cara reduksi data. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Validasi data dengan metode trianggulasi sehingga diperoleh kesimpulan. Hasil analisis data dipeoleh kesimpulan yaitu (1). Berdasarkan rata-rata nilai tes, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik perempuan lebih baik dari pada peserta didik laki-laki. (2). Berdasarkan hasil seluruh analisis, peserta didik dengan gaya belajar auditori kategori tinggi mampu memahami konsep volume bangun ruang dengan baik dan benar. (3). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman peserta didik kelas V SD dalam memecahkan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi, kecerdasan logis, dan kepercayaan diri. 
     |