Abstrak  Kembali
Keasadaran sejarah sebagai sikap mental mengenai peristiwa masa lalu berdasarkan pengetahuan tentang fakta-fakta, hubungan sebab-akibat, dan keberartiannya bagi masa depan, penting bagi jati diri suatu bangsa, terutama bagi para guru sebagai pendidik generasi penerus bangsa. Akan tetapi sejauh ini belum diketahui seberapa tinggi tingkat kesadaran sejarah para calon guru, khususnya mahasiswa FKIP Uhamka, dan faktor-faktor apa saja yang mempenganruhi kesadaran sejarah tersebut. Penelitian bertujuan mengkaji tingkat kesadaran sejarah mahasiswa berdasarkan gender, jurusan SLTA, konsep diri sebagai peminat sejarah, dan Program Studi. Penelitian menggunakan metode survey dengan sampel 82 mahasiswa semester 5 dari Prodi Pendidikan Sejarah dan Prodi Pendidikan Matematika. Kesadaran sejarah diukur dengan tes pilihan ganda berisi 14 butir soal dengan koefisien alpha 0,704, dengan skor akhir berkisar antara 0-1 yang menunjukkan rasio jawaban benar.