Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran literasi
dan numerasi mata pelajaran IPS di sekolah dan dampaknya terhadap
keterampilan abad 21 di SMP Negeri 2 Cikupa.
Berdasarkan teori-teori yang ada diketahui bahwa hipotesis penelitian ini
adalah pembelajaran literasi dan numerasi mata pelajaran IPS dapat
mengembangkan keterampilan abad 21 siswa.
Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa-siswi SMP Negeri 2
Cikupa yang berjumlah 1165 siswa terdiri atas siswa kelas 7, 8, dan 9. Adapun
sampel yang dipakai yaitu 2 kelas terdiri dari kelas 9G dan 9H.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan variabel independen X1
literasi, X2 numerasi dan variabel dependen Y1 keterampilan abad 21. Teknik
analisis data yang dilakukan dengan cara membagi subjek penelitian menjadi dua
yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas diuji dengan
pretest, postest, prasyarat data, uji hipotesis T, F dan koefisien determinan.
Kesimpulan penelitian ini adalah variabel literasi, numerasi memiliki
pengaruh terhadap kemampuan keterampilan abad 21, dibuktikan pada hasil uji T
literasi terhadap keterampilan abad 21 yang menunjukan bahwa thitung 4.676 >
ttabel 2.042 dan sig. 0,000 < α 0,05 dan numerasi terhadap keterampilan abad 21
thitung 3.527 > ttabel 2.042 dan sig. 0,001 < α 0,05.
|