Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan mengungkapkan peran orang tua dalam membentuk kecerdasan sosial di media sosial pada siswa kelas VIA SD Aisyiyah Kota Sukabumi dan untuk mengetahui bagaimana tantangan orang tua dalam membentuk kecerdasan sosial di media sosial.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus (case study) yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada siswa kelas VIA, orang tua yang aktif di media sosial, dan guru kelas VI. Hasil penelitian bahwa siswa kelas VIA diperkenalkan gadget oleh orang tua sejak usia dini. Sayangnya, diusia mereka belumlah paham mengenai apa yang pantas diakses ataupun diposting di media sosial. Oleh karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan bimbingan dan contoh yang baik bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak dan cerdas. Peran orang tua dalam membentuk kecerdasan sosial anak dimedia sosial antara lain dengan memberikan bimbingan.Tantangan orang tua dalam membentuk kecerdasan sosial yaitu dengan cara memberikan pendampingan saat anak bermain media sosial, memberikan pengetahuan mengenai dampak media sosial, memberikan pemahaman mana yang pantas diakses, dan memberikan ilmu bagaimana menjaga privasi dan mengetahui berita hoaks. Orang tua di era globalisasi harus paham cara mendidik anak yang selalu berhubungan dengan media sosial. Penelitian ini bisa disimpulkan bahwa terdapat peran orang tua dalam membentuk kecerdasan sosial dimedia sosial bagi siswa kelas VIA SD Aisyiyah. Orang tua kelas VIA sudah memberikan pendampingan dikala anak bermain media sosial, memberikan batasan waktu penggunaan gadget, dan menghubungkan akun media sosial anak dengan orang tua.