Peneliti ini bertujuan untuk mengimplementasikam strategi guru pendidikan IPS
dalam pembentukan sikap sosial siswa di SMP Islam Ruhama Kota Tangerang
Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif studi
kasus yang dikembangkan oleh Robert K. Yin. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan observasi partisipan mendalam dan dokumen analisis data
yang menggunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan
Huberman (1984). Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Problematika
pembelajaran IPS adalah guru lebih banyak melakukan kegiatan ceramah atau
teacher center (2) Guru mengawali pembelajaran dengan membuat RPP,
mencantumkan dan diintegrasikan dalam pembentukan sikap sosial disiplin,
peduli, rasa hormat, jujur, tanggung jawab (3) Pembentukan sikap sosial
dilakukan dengan keteladanan guru yakni ikut serta menyisihkan uang untuk infak
pada hari jumat, menjenguk warga sekolah yang sedang sakit (4) Tantangan dan
kendalanya yakni waktu belajar di sekolah yang terbatas; kondisi keluarga siswa
yang kurang mendukung; pengaruh kemajuan teknologi.
|