Abstrak  Kembali
Peneliti ini bertujuan untuk mengimplementasikam strategi guru pendidikan IPS dalam pembentukan sikap sosial siswa di SMP Islam Ruhama Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif studi kasus yang dikembangkan oleh Robert K. Yin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan mendalam dan dokumen analisis data yang menggunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1984). Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Problematika pembelajaran IPS adalah guru lebih banyak melakukan kegiatan ceramah atau teacher center (2) Guru mengawali pembelajaran dengan membuat RPP, mencantumkan dan diintegrasikan dalam pembentukan sikap sosial disiplin, peduli, rasa hormat, jujur, tanggung jawab (3) Pembentukan sikap sosial dilakukan dengan keteladanan guru yakni ikut serta menyisihkan uang untuk infak pada hari jumat, menjenguk warga sekolah yang sedang sakit (4) Tantangan dan kendalanya yakni waktu belajar di sekolah yang terbatas; kondisi keluarga siswa yang kurang mendukung; pengaruh kemajuan teknologi.