Abstrak  Kembali
dalam pendampingan dengan mengaplikasikan didaktik terbimbing secara langsung melalui google classroom ; (2) Dengan metode didaktik terbimbing diharapkan memotivasi peserta didik dengan kemampuan yang dimiliki melalui kemandirian dan tanggung jawab untuk peningkatan kualitas pembelajaran IPS, karena ilmu sosial menciptakan ahli dalam bidang ilmu sosial; (3) Mengembangkan potensi peserta didik dengan menggunakan teknologi jaringan internet, sehingga proses didaktik terbimbing pada mapel IPS materi yang disampaikan bisa dimengerti dan difahami peserta didik, sehingga target penilaian yang telah ditentukan dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan dengan jumlah Populasi sebanyak 70 Siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (Penggunaan model inquiry terbimbing dalam pembelajaran terbukti efektif meningkatkan Efektifitas dan pembelajaran online IPS siswa. Hal ini ditunjukkan dari pengujian uji t yang mengahasilkan nilai Sig. (2-tailed) pada uji perbedaan peningkatan skor Efektifitas dan pembelajaran online IPS siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t = 6.299 pada variabel Efektifitas serta 0,000 < 0,05 dan nilai t = 4.936 pada variabel pembelajaran online IPS yang berarti bahwa hipotesis yang berbunyi “Model Inquiry terbimbing dapat meningkatkan Efektifitas dan pembelajaran online IPS” diterima.