Tesis ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan secara aplikatif upaya-upaya guru
dalam pendampingan dengan mengaplikasikan didaktik terbimbing secara
langsung melalui google classroom ; (2) Dengan metode didaktik terbimbing
diharapkan memotivasi peserta didik dengan kemampuan yang dimiliki melalui
kemandirian dan tanggung jawab untuk peningkatan kualitas pembelajaran IPS,
karena ilmu sosial menciptakan ahli dalam bidang ilmu sosial; (3)
Mengembangkan potensi peserta didik dengan menggunakan teknologi jaringan
internet, sehingga proses didaktik terbimbing pada mapel IPS materi yang
disampaikan bisa dimengerti dan difahami peserta didik, sehingga target
penilaian yang telah ditentukan dapat tercapai.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan di SMP
Muhammadiyah 19 Sawangan dengan jumlah Populasi sebanyak 70 Siswa. Data
pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket. Teknik analisis yang
digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis uji korelasi.
|