Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan pembelajaran RME dan CTL berbasis kearifan lokal Betawi serta minat belajar terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN Pondok Ranggon 03 tahun ajaran b2022/2023. Data sampel yang digunakan adalah 62 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif “Eksperimen”. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas, pendekatan pembelajaran sebagai variabel (X1), minat belajar sebagai variabel (X2) dan satu variabel terikat kemampuan literasi numerasi sebagai variabel (Y). Pada penelitian ini menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dan
Contextual Teaching Learning (CTL) berbasis kearifan lokal etnik Betawi. Materi yang diambil di kelas V tentang Geometri “Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok”. Dalam kaitan materi dengan kearifan lokal etnik Betawi menggunakan kue khas Betawi seperti kue pepe, kue talam ijo, dan kue wajik.
Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) dan Contextual Teaching Learning (CTL) berbasis kearifan lokal Betawi terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SDN Pondok Ranggon 03. (2) Nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima, ini berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SDN Pondok Ranggon 03. (3) Nilai signifikansi sebesar 0.017 < 0.05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti
bahwa terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SDN Pondok Ranggon 03.
|