Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh pendekatan saintifik dan kecakapan sosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Global Islamic School. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Global Islamic School. Data kecakapan sosial diperoleh dari kuesioner dan data kemampuan berpikir kritis IPS diperoleh dengan tes objektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA dua jalur. Langkah pertaman, di awal pertemuan untuk mengetahui kecakapan sosial tinggi dan rendah siswa diberikan kusioner . Langkah kedua memberikan perlakuan dengan 4 langkah perlakuan yaitu guru menyampaikan materi pembelajaran, membagi kelompok, memberikan project, persentasi siswa, dan melakukan evaluasi di akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dan kecakapan sosial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis IPS siswa kelas IV SD. Hasil perhitungan analisis varians dengan taraf signifikan α = 0,05 maka diperoleh Fhitung = 9,184 denga Ftabel (0,05, 1/28) = 4.20, maka 9,184 > 4.20 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa : 1) terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa berkecakapan sosial tinggi antara yang diajari dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional, 2) terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa berkecakapan sosial rendah antara yang diajari dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan yang diajari menggunakan pendekatan konvensional, 3) terdapat kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang unggul antara kelompok siswa yang diajari menggunakan pendekatan saintifik dan yang diajari menggunakan pendekatan konvensional.