Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project based learning berbantuan alat peraga sederhana terhadap kemampuan berpikir kirtis dan kemampuan spasial siswa SDN Penggilingan 05. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas lima SDN Penggilingan 05 dengan jumlah 96 siswa yang terdiri dari kelas VA, VB dan VC. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasy Eksperimen (Eksperimen semu) dengan desain Non Equivalent Control Group Post Test Only Design, model pemilihan sampel adalah Cluster random sampling dan Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal esay dan pilihan ganda. Hasil dari penelitian ini adalah data kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran project Based learning di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding data yang dihasilkan oleh siswa di kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan uji T data penelitian yang dihasilkan memiliki nilai signifikansi > 0,05 sehingga Hο ditolak dan H1 diterima, kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran project Based learning berbantuan alat peraga sederhana pada kemampuan berpikir kritis dan kemampuan spasial siswa.