Abstrak  Kembali
Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi individu, sehingga pendidikan merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Pendidikan bertujuan untuk membantu seseorang mencapai perkembangan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Kemandirian belajar salah satu hal yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran karena kemandirian dapat melatih siswa agar lebih bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh sel efficacy, digital literasi terhadap kemandirian belajar matematika pada siswa SMPIT Permata Ummat Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei kausal. Pengambilan sampel dilakukan secara pusposive sampling yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan dan menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Self Efficacy dan Kemandirian Belajar dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,246 dengan nilai sig. 0,039 < 0,05, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Digital Literasi dan Kemandirian Belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,313 dengan nilai sig. 0,039, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel self efficacy dan digital literasi dengan koefisien regresi sebesar -0,095 dengan nilai sig. 0,408. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh self efficacy dan digital literasi terhadap kemandirian belajar.