Abstrak  Kembali
Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat Hasil Belajar (Y), dan Variabel bebas Lingkungan Belajar (X1) Karakter Siswa (X2), Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP BP FAI UMJ Jampang Bogor yang berjumlah 139 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Daniel & Terrel dengan tingkat kesalahan Alpha 0.05, responden dalam penelitian ini 102 siswa Kelas VIII SMP BP FAI UMJ Jampang Bogor. Teknik sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara, Angket (Quesioner) dan Dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : uji kualitas data validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik normalitas, linieritas dan heterokendatisitas, analisis regresi yaitu regresi linier sederhana, regresi linier berganda, parsial t dan simultan F. Hasil analisis ini menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hipotesis pertama didapatkan hasil bahwa lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, yang berdasarkan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 29.231 > 1,660 dan taraf signifikansi t lebih kecil sebesar 0.000 < 0.05. Dari hasil uji parsial lingkungan belajar terhadap hasil belajar maka dapat disimpulkan H01 ditolak dan Ha1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar. (2) Berdasarkan hipotesis kedua didapatkan hasil bahwa karakter siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, yang Berdasarkan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar sebesar 10.399 > 1,660 dan taraf signifikansi t lebih kecil sebesar 0.000 < 0.05. Dari hasil uji parsial karakter siswa terhadap hasil belajar maka dapat disimpulkan H02 ditolak dan Ha2 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara karakter siswa terhadap hasil belajar. (3) Berdasarkan hipotesis ketiga didapatkan hasil bahwa lingkungan belajar dan karakter siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, yang berdasarkan dengan hasil perhitungan Ftabel sebesar 3,09 dengan ketentuan α sebesar 0,05 atau 5%. Untuk variabel dependen yaitu hasil belajar, hasil yang didapatkan nilai Fhitung sebesar 939.401 dengan nilai sig. sebesar 0,000. hasil uji dari distribusi Fhitung Sebesar 939.401 > Ftabel sebesar 3,09 dengan sig. 0,000 < 0,05. maka H03 ditolak dan Ha3 diterima, sehingga dapat diartikan bahwa bahwa secara bersama sama semua variabel independen lingkungan belajar (X1) dan karakter siswa (X2) pada penelitian kali ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen hasil belajar (Y) pada siswa kelas VIII SMP BP FAI UMJ Jampang Bogor secara statistik signifikan.