Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kuantitatif. Variabel dalam
penelitian ini terdiri dari variabel terikat Hasil Belajar (Y), dan Variabel bebas
Lingkungan Belajar (X1) Karakter Siswa (X2), Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa Kelas VIII SMP BP FAI UMJ Jampang Bogor yang berjumlah 139
siswa dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Daniel & Terrel dengan
tingkat kesalahan Alpha 0.05, responden dalam penelitian ini 102 siswa Kelas
VIII SMP BP FAI UMJ Jampang Bogor. Teknik sampling dengan jenis Simple
Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi,
Wawancara, Angket (Quesioner) dan Dokumentasi. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu : uji kualitas data validitas dan reliabilitas,
analisis deskriptif, uji asumsi klasik normalitas, linieritas dan heterokendatisitas,
analisis regresi yaitu regresi linier sederhana, regresi linier berganda, parsial t dan
simultan F.
Hasil analisis ini menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hipotesis pertama
didapatkan hasil bahwa lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar, yang berdasarkan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar
29.231 > 1,660 dan taraf signifikansi t lebih kecil sebesar 0.000 < 0.05. Dari hasil
uji parsial lingkungan belajar terhadap hasil belajar maka dapat disimpulkan H01
ditolak dan Ha1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar. (2) Berdasarkan
hipotesis kedua didapatkan hasil bahwa karakter siswa memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar, yang Berdasarkan nilai thitung lebih besar dari ttabel
sebesar sebesar 10.399 > 1,660 dan taraf signifikansi t lebih kecil sebesar 0.000 <
0.05. Dari hasil uji parsial karakter siswa terhadap hasil belajar maka dapat
disimpulkan H02 ditolak dan Ha2 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara karakter siswa terhadap hasil belajar. (3)
Berdasarkan hipotesis ketiga didapatkan hasil bahwa lingkungan belajar dan
karakter siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, yang
berdasarkan dengan hasil perhitungan Ftabel sebesar 3,09 dengan ketentuan α
sebesar 0,05 atau 5%. Untuk variabel dependen yaitu hasil belajar, hasil yang
didapatkan nilai Fhitung sebesar 939.401 dengan nilai sig. sebesar 0,000. hasil uji
dari distribusi Fhitung Sebesar 939.401 > Ftabel sebesar 3,09 dengan sig. 0,000 <
0,05. maka H03 ditolak dan Ha3 diterima, sehingga dapat diartikan bahwa bahwa
secara bersama sama semua variabel independen lingkungan belajar (X1) dan
karakter siswa (X2) pada penelitian kali ini terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap variabel dependen hasil belajar (Y) pada siswa kelas VIII SMP BP FAI
UMJ Jampang Bogor secara statistik signifikan.
|