Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kritis dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi sebanyak 365 siswa pada semester genap tahun ajaran 2022/2013. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V sejumlah 60 siswa yang terbagi dua menjadi 30 siswa termasuk kelas eksperimen yang mendapat treatment model pembelajaran problem based learning dan 30 siswa termasuk kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis of varians (Anova) dua arah dengan taraf signifikasi 5%. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan soal esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan; (2) terdapat pengaruh berpikir kritis terhadap terhadap kemampuan pemecahan masalah; (3) terdapat interaksi berpikir kritis dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Berdasarkan perolehan f hitung > f tabel menunjukkan bahwa adanya pengaruh berpikir kritis dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah.
|