Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: 1) interaksi antara penggunaan LKPD berbasis inkuiri dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di SD, 2) interaksi antara sikap ilmiah dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di SD, 3) interaksi antara LKPD dan sikap ilmiah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Penggilingan 05 Jakarta. Jenis penelitian adalah eksperimen faktorial 2 x 2. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur pada pengujian α = 0,05. Berdasarkan tabel ANAVA dua jalur tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: untuk variabel A Nilai Fhitung = 9,53 sedangkan Ftabel = 4,381 pada taraf nyata  = 0,05. Hal ini menyatakan bahwa (Fhitung > Ftabel ). Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas V. Berdasaran hipotesis statistik yang diajukan berarti H0 ditolak dan menerima H1. Hasil kedua yakni pada variabel B Nilai Fhitung = 56,38 sedangkan Ftabel = 4,381 pada taraf nyata  = 0,05. Hal ini menyatakan bahwa (Fhitung > Ftabel ). Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan sikap ilmiah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas V. Berdasaran hipotesis statistik yang diajukan berarti H0 ditolak dan menerima H1. Pada hasil akhir terlihat Nilai Fhitung = 0,20 sedangkan Ftabel = 4,381 pada taraf nyata  = 0,05. Hal ini menyatakan bahwa (Fhitung > Ftabel ). Dengan demikian, tidak terdapat interaksi antara penggunaan lembar kerja berbasis inkuiri dan sikap ilmiah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas V. Berdasaran hipotesis statistik yang diajukan berarti H0 diterima sedangkan H1 ditolak.