Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya
pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran digital game based
learning dan project based learning terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa, 2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara minat belajar
siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 3) ada tidaknya
interaksi antar model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa.
Populasi dalam penelitian, yaitu seluruh siswa SMPIT Said Naum dengan
sampel kelas IXB sebagai kelas eksperimen dan kelas IXA sebagai kelas kontrol.
Metode penelitian kuantitatif ini menggunakan metode kuasi eksperimen.
Pengumpulan data diambil dari soal tes pemecahan masalah berupa soal essay
sebanyak 4 soal yang mengacu pada indikator-indikator yang sesuai dengan materi
yang disampaikan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis
variansi dua jalur
|