Abstrak  Kembali
pemahaman konsep matematis Pada Siswa Kelas XI SMA, Untuk mengetahui perbedaan kemampuan awal matematis terhadap pemahaman konsep matematis Pada Siswa Kelas XI SMA, Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara penggunaan Microsoft excel dan kemampuan awal matematika terhadap pemahaman konsep matematis Pada Siswa Kelas XI SMA. Metode Penelitian ini adalah Quasi Experimental Design (Eksperimental Semu) Dalam desain ini membandingkan dua kelompok eksperimental maupun kelompok kontrol, kendati kelompok tersebut dipilih dan ditempatkan tanpa melalui randomisasi, karena kelas yang akan digunakan untuk ekspriment telah terbentuk sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Dalam desain ini masing-masing variabel bebas diklasifikasikan menjadi 2 (dua) sisi, yaitu penggunaan Microsoft Excel (A1) dan ekspositori (A2). Sedangkan variabel atributnya di klasifikasikan dalam dua kecenderungan kemampuan awal tinggi (B1) dan kemampuan awal rendah (B2), sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematis siswa (Y). Sampel penelitian diambil dengan proposvie random sampling dari seluruh siswa kelas XI-MIPA SMA Islam Said Na’um Jakarta sebanyak 32 dan 26 siswa, yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Pada penelitian ini sampel penelitian dan yang digunakan adalah siswa kelas XI-MIPA-1 SMA Islam Said Na’um Jakarta sebanyak 32 dan 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu peneliti memilih kelas yang memiliki karakteristik serupa seperti jumlah siswa, kemampuan awal siswa, latar belakang sosial-ekonomi, dan sebagainya.