Pembelajaran IPA kelas V di SDN Kramat Jati 24 masih berpusat pada guru, peserta didik menjadi pasif , belum dapat mengembangkan cara berpikir kritis dan keterampilan berpikir yang lebih tinggi, kurangnya keinginan dalam belajar, yang mengarahkan belajar diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning dan Keterampilan Proses Sains terhadap Keterampilan Berpikir Komputasional dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Kramat jati 24 tahun ajaran 2021/2022. Data Sampel penelitian ini terdiri atas 26 peserta didik kelas eksperimen (Model Problem Based Learning) dan 26 peserta didik kelas kontrol (Pembelajaran Konvensional) dipilih dengan sampling jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
eksperimen dengan Design Faktorial 2x2. Variabel penelitian ini terdiri dua
variabel bebas yaitu model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai variabel (X1), Keterampilan Proses sains sebagai variabel (X2), dan satu variabel terikat yaitu keterampilan berpikir komputasional sebagai variabel (Y)
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Diperoleh Fhitung = 4,52 sedangkan Ftabel = 4,043 pada taraf nyata α= 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, H1 diterima yang berarti Terdapat Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Komputational. (2) Diperoleh nilai nilai Fhitung = 6,06 untuk faktor interaksi yaitu lebih besar daripada Ftabel = 4,043 pada taraf nyata α= 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa
H0 ditolak, H1 diterima yang berarti Terdapat Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Berpikir Komputational. (3) Diperoleh nilai Fhitung = 8,83 untuk faktor interaksi yaitu lebih besar daripada Ftabel = 4,043 pada taraf nyata α= 0.05 maka disimpulkan bahwa H0 ditolak, yang berarti Terdapat Interaksi Antara Model Pembelajaran dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Berpikir Komputational peserta didik kelas V SDN Kramat Jati 24 .
|