Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh norma sosiomatematik dan resiliensi matematis terhadap kemampuan representasi multipel matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Inwanul Huda semester ganjil tahun ajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah survey kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan essay. Populasi sebagai alat analisis penelitian adalah siswa kelas VIII di MTS Inwanul Huda sebanyak 110 siswa. Sampel peneltian menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 100 siswa. Uji instrumen dengan Uji Validitas pada variabel norma sosiomatematik 21 butir valid dari 36 butir yang diujikan, variabel resiliensi matematis terdapat 26 butir yang valid dari 40 butir yang diujikan, dan variabel kemampuan representasi multipel matematis siswa terdapat 5 butir soal yang valid dari 5 butir yang diujikan. Uji asumsi klasik menjadi uji prasyarat pada penelitian ini dengan menggunakan IBM SPSS 25. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi dan korelasi linear sederhana. Pada uji regresi dan korelasi linear sederhana kemampuan representasi multipel matematis siswa atas norma sosiomatematik diperoleh 𝑡􀀁􀀂􀀃 = 57,662, kemampuan representasi multipel matematis siswa atas resiliensi matematis diperoleh 𝑡􀀁􀀂􀀃􀀄􀀅􀀆 = 37,959, dan resiliensi matematis atas norma sosiomatematik 𝑡􀀁􀀂􀀃 = 52,154. Sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi untuk kemampuan representasi multipel matematis siswa atas norma sosiomatematik adalah 22%, kemampuan representasi multipel matematis atas resiliensi matematis adalah 17%, dan resiliensi matematis atas norma sosiomatematik adalah 24%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh norma sosiomatematik dan resiliensi matematis terhadap kemampuan representasi multipel matematis siswa.