Abstrak  Kembali
elf efficacy matematika merupakan keyakinan diri seseorang pada pelajaran matematika. Kemampuan yang dirasakan siswa terhadap pelajaran matematika memberikan Tindakan yang tepat dalam memecahkan setiap permasalah matematika atau kehidupan nyata secara umum. Diagnosa tingkat self efficacy dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi. Penggunakan aplikasi diagnose self efficacy matematika sama halnya melakukan konsultasi dengan seorang ahli. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D). Metode penelitian menggunaka tahapan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata skor hasil penilaian ahli media sebesar 4,05 (layak). Respon positif siswa terhadap aplikasi diagnosa gaya belajar yang dikembangkan memperoleh sebesar 3,5 atau 85% tergolong sangat baik. Sehingga aplikasi diagnose self efficacy dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengetahui tingkat self efficacy siswa terhadap pelajaran matematika