Abstrak  Kembali
Tujuan peneliti ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mengeksplorasi resiliensi belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui googleclassroom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kopo, dipilih 3 subjek untuk mewakili untuk setiap ketegori, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Langkah-langkah dalam eksplorasi data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian Faktor penyebab resiliensi belajar dimasa pandemi covid-19 dalam kemampuan pemecahan masalah, terdapat faktor antara lain: (a) Siswa dan guru tidak memberikan feedbeck secara tepat. (b) Pemahaman siswa terhadap suatu materi kurang mendalam, kebutuhan internet dan rasa jenuh siswa terhadap pembelajaran daring. (c) Kurangnya konsentrasi belajar siswa sehingga siswa mudah lupa dengan apa yang di jelaskan oleh guru. Karakteristik resiliensi belajar siswa dimasa pandemi covid-19 dalam kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi dapat memahami masalah, menentukan tahap perencanaan masalah dan dapat menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang benar dan tepat, dapat menggunakan informasi yang sudah ada dan memeriksa kembali jawaban.