Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model problem-based learning terintegrasi lingkungan dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model contextual teaching and learning (CTL), lalu melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan motivasi belajar tinggi dan membandingkan dengan motivasi belajar rendah dan melihat apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan di SMP Negeri 1 Tigaraksa tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Analisis Varians Dua Arah atau ANAVA (Two-Way ANOVA) dengan menggunakan dua sampel penelitian yaitu kelas VII-D sebagai kelas kontrol dan kelas VII-E sebagai kelas eksperimen masing-masing sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan 5 item tes dan 30 item kuesioner motivasi belajar siswa.