Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri menggunakan eksplorasi Geogebra, (2) bagaimana sociomathematical norm pada siswa dalam menyelesaikan masalah geometri menggunakan eksplorasi Geogebra, (3) bagaimana kontribusi Geogebra terhadap kemampuan penalaran matematis dan sociomathematical norm pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPIT Permata Hati dengan sampel kelas VIII-B berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode kualitatif dengan pendekatan Grounded Theory. Pada metode ini, terdapat 3 tahap yaitu: 1) open coding, 2) axial coding, dan 3) selective coding. Pengumpulan data diambil dari hasil wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada semua siswa kelas VIII- B dan beberapa hasil wawancara direkam dengan audio. Sementara observasi yang dilakukan yaitu, peneliti mengamati setiap siswa dengan lembar observas yang sudah disiapkan oeh peneliti.