Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan pemanfaatan kombinasi ceramah, PPT, video oleh guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Tema Ekosistem pada Siswa Kelas V SDN Bambu Apus 04. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V di SDN Bambu Apus 04, Jakarta Timur yang berada dalam 4 kelas yang berbeda dengan sampel sebanyak 97 siswa/siswi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Data skor pemanfaatan kombinasi ceramah, PPT, video oleh guru dan minat belajar siswa diperoleh melalui angket yang disebarkan melalui secara langsung sedangkan data penilaian hasil belajar diperoleh melalui tes dengan secara langsung. Data dianalisis melalui teknik korelasi ganda dengan bantuan Microsoft Excel dan software SPSS Ver. 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi Pearson pada X12 adalah 0,720 dan nilai signifikansi yang digunakan adalah α = 0,05. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel pemanfaatan kombinasi ceramah, PPT, video oleh guru terhadap peningkatan hasil belajar, terdapat hubungan yang positif antara variabel minat belajar terhadap hasil belajar Tema Ekosistem pada siswa kelas V dan Pemanfaatan kombinasi ceramah, PPT, video oleh guru dan minat belajar berhubungan positif terhadap hasil belajar Tema Ekosistem pada siswa kelas V di SDN Bambu Apus 04, Jakarta Timur.