Tesis ini berujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kontekstual Dan Motivasi Belajar Terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa SD Pelajaran IPA di Kecamatan Beji. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VI sebanyak dua kelas, yaitu kelas VI – A dan kelas VI – B dengan jumlah 63 peserta didik.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan kuantitatif eksperimen. Dalam pelaksanaan penelitian ini sampel dikelompokkan menjadi dua kelompok sampel yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian eksperimen ini menggunakan Factorial Design 2x2. Desain penelitian dengan memperhatikan kemungkinan adanya variable moderator yang mempengaruhi perlakuan (variabel bebas) terhadap hasil (variabel terikat).
Berdasarkan hasil penelitian Berdasarkan perhitungan Hipotesis I yang dalam SPSS diketahui dilihat dari pengaruh media pop up book dan media konvensional terhadap HOTS siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Kukusan diketahui dari nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa adanya pengaruh media pop up book dan media konvensional terhadap HOTS siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Kukusan. Berdasarkan perhitungan Hipotesis II yang dalam SPSS diketahui dilihat dari pengaruh motivasi belajar terhadap HOTS siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Kukusan diketahui dari nilai signifikan sebesar 0,000< 0,05 maka disimpulkan bahwa adanya pengaruh motivasi belajar terhadap HOTS siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Kukusan. Berdasarkan perhitungan Hipotesis III yang dalam SPSS diketahui dilihat dari pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap HOTS siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Kukusan diketahui dari nilai signifikan sebesar 0,903 > 0,05 maka disimpulkan bahwa tidak interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap HOTS siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Kukusan
|