Abstrak  Kembali
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang signifikan antara: (1) siswa yang menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan kearifan lokal dan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran secara langsung (direct instruction) pada hasil belajar IPS; (2) siswa yang memiliki motivasi rendah dan tinggi pada hasil belajar IPS (3) ada tidaknya interaksi antara strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dan strategi pembelajaran secara langsung (direct instruction) dengan memperhitungkan variabel motivasi siswa (tinggi - rendah) dalam pencapaian hasil belajar IPS siswa kelas VI MIS Darunnajah Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) yaitu dengan memilih dua kelas secara random dengan desain penelitian adalah factorial design dengan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MIS Darunnajah Bogor yang berjumlah 62 orang yang terbagi atas 2 kelas. Sampel penelitian berjumlah 62 orang terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperiment kelas IVA dan kelas kontrol kelas IVB yang dipilih secara random. Adapun Instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner, Lembar Observasi guru dan siswa, RPP dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis inferensial, uji Two Way Anova dan uji lanjut Tukey.