Perkembangan pesat dalam dunia teknologi telah membawa perubahan besar pada dunia pendidikan. Dengan keterampilan Komputasional diharapkan mampu menjawab tantangan perkembangan di abad 21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) hubungan antara keterampilan berpikir komputasional dengan pemahaman konsep IPA, (2) hubungan antara keterampilan berpikir komputasional dengan kemampuan berpikir kritis siswa, (3) hubungan antara keterampilan berpikir komputasional dengan pemahaman konsep IPA dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDN Kelapa Dua Wetan 06 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode kuantitatif korelasional. Penelitian dilaksanakan di SDN Kelapa Dua Wetan 06 Pagi dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI sebanyak 93 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan post test only. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronchbach alpha. Selanjutnya data analisis uji prasyarat yaitu menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji annova, dari hasil uji normalitas didapatkan angka bahwa nilai signifikansi 0,832 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05, maka dengan ini dapat dikatakan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan bisa dilanjutkan dengan uji linieritas. Persamaan regresi yang diperoleh dalam hubungan Berpikir Komputasional dengan Pemahaman Konsep IPA yakni Y1=60,76+0,27x. Persamaan regresi yang diperoleh dalam hubungan Berpikir Komputasional dengan Berpikir kritis yakni Y2=40,02+0,45x. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara Keterampilan
Berpikir Komputasional dengan Pemahaman Konsep IPA, kedua terdapat
hubungan antara Keterampilan Berpikir Komputasional dengan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa, ketiga terdapat hubungan antara Keterampilan Berpikir
Komputasional dengan Pemahaman Konsep IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa.
|