Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada meteri Trigonometri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan Flipped classroom di SMA Muhammadiyah Cileungsi. Awal tahun 2020 wabah virus Covid-19 mulai masuk Indonesia. Mengharuskan penyelenggara kegiatan pembelajaran tatap muka dihentikan. Dengan sistem pembelajaran online, maka siswa hanya mendapatkan porsi interaksi belajar dengan guru yang singkat dan sedikit. Para tenaga pendidik kerepotan jika tetap menggunakan sistem tradisional, sedangkan pemblajaran tetap harus berjalan. Media elektronik merupakan solusi dengan sistem daring/online. metode ajar kelas terbalik atau Flipped Classroom dapat menjadi satu pilihan terkait permasalahan ini. Flipped Classroom menewarkan pemecahan yang baik mengingat pembelajaran saat ini tidak lepas dari media(Yanti et al., 2019). Jikapun pembelajaran kembali normal, maka pembelajaran terbalik ini tetap dapat diterapkan. Tidak lepas dari video pembelajaran maka diharapkan bersinergi dengan motivasi belajar siswa yang menurun akibat gejolak dan iklim pembelajaran yang ektrem.