|
Tesis ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada meteri
Trigonometri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan Flipped
classroom di SMA Muhammadiyah Cileungsi.
Awal tahun 2020 wabah virus Covid-19 mulai masuk Indonesia.
Mengharuskan penyelenggara kegiatan pembelajaran tatap muka dihentikan.
Dengan sistem pembelajaran online, maka siswa hanya mendapatkan porsi
interaksi belajar dengan guru yang singkat dan sedikit. Para tenaga pendidik
kerepotan jika tetap menggunakan sistem tradisional, sedangkan pemblajaran
tetap harus berjalan. Media elektronik merupakan solusi dengan sistem
daring/online. metode ajar kelas terbalik atau Flipped Classroom dapat menjadi
satu pilihan terkait permasalahan ini. Flipped Classroom menewarkan pemecahan
yang baik mengingat pembelajaran saat ini tidak lepas dari media(Yanti et al.,
2019). Jikapun pembelajaran kembali normal, maka pembelajaran terbalik ini
tetap dapat diterapkan. Tidak lepas dari video pembelajaran maka diharapkan
bersinergi dengan motivasi belajar siswa yang menurun akibat gejolak dan iklim
pembelajaran yang ektrem.
|