Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Media Pembelajaran Interaktif terhadap Sikap Kritis dan Hasil Belajar IPS di SD. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament berbasis media pembelajaran interaktif dan terdapat pengaruh peningkatan sikap kritis melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament berbasis media pembelajaran interaktif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan pada kelas IVA yang berjumlah 33 peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas dan variabel terikat. Variable bebas mencakup model pembelajaran Teams Games Tournament. Kemudian pada variable terikat mencakup sikap kritis dan hasil belajar IPS peserta didik dengan materi keberagaman budaya (rumah adat dan pakaian adat). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil uji hipotesis sikap kritis dan hasil belajar IPS dengan menggunakan soal dan angket diperoleh nilai signifikansi 0,001, karena nilai signifikasi lebih kecil daripada 0,05 (0,001 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis media pembelajaran interaktif memiliki pengaruh peningkatan terhadap sikap kritis dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV. Selain itu dari hasil pengujian N-gain hasil belajar didapatkan rata-rata 59,15% dan sikap kritis 67,39%. Karena nilai rata-rata terdapat direntang 56% - 75% maka disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sikap kritis dan hasil belajar IPS peserta didik yang cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis media pembelajaran interaktif memiliki pengaruh peningkatan sikap kritis dan hasil belajar IPS.