Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan model
pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) menggunakan aplikasi Canva terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa pada materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VI di Sekolah Dasar di Kota Depok. Penelitian ini melibatkan siswa-siswa kelas VI dari beberapa kelas yang terpilih secara acak sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control Group Design. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan model PjBL menggunakan aplikasi Canva, sementara kelompok kontrol
diberikan pembelajaran PjBL tanpa menggunakan Canva. Data dikumpulkan melalui instrumen berupa kuesioner motivasi belajar dan penilaian kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL menggunakan aplikasi Canva memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa pada materi IPA kelas VI. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata post-test motivasi belajar kelas eksperimen adalah 87,21 sedangkan kelas kontrol sebesar 83,53 dan posttest kreativitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,34 dan kelas kontrol sebesar 71,93.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar dan kreativitas siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PJBL menggunakan aplikasi Canva menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi dan menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih baik dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep IPA. Temuan ini mendukung efektivitas penggunaan model pembelajaran PjBL dengan aplikasi Canva dapat meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas siswa pada materi IPA kelas
VI di Sekolah Dasar. Model pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, kolaboratif, dan relevan dengan dunia nyata, sehingga mendorong motivasi
|