Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran dan keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas V SDN Kebon Jeruk 08. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini sebanyak 64 orang siswa, yang terdiri dari 32 orang siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan 32 orang siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa soal tes uraian sebanyak 20 soal, yaitu 10 soal tes keterampilan proses sains dan 10 soal tes kemampuan berpikir kreatif IPA. Keterbaruan penelitian ini adalah mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA yang memiliki kaidah baku. Dilakukan uji validitas instrumen berbantuan SPSS menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov diperoleh 10 soal valid untuk keterampilan proses sains dan 10 soal valid untuk kemampuan berpikir kreatif IPA. Uji reliabilitas tes keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif IPA berbantuan SPSS menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Reliabilitas soal tes keterampilan proses sains adalah 0,668 dan reliabilitas soal tes kemampuan berpikir kreatif IPA adalah 0,881. Keduanya termasuk ke dalam kategori tinggi. Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan. Uji hipotesis pertama menggunakan Uji Anava 2 Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, uji hipotesis kedua menggunakan Uji Anava 2 Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,011 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, dan uji hipotesis ketiga menggunakan Uji Anava 2 Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,452 > 0,05 maka Ho diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA, terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA dan tidak ada interaksi pengaruh model pembelajaran dan keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas V SDN Kebon Jeruk 08.