Abstrak  Kembali
ujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan kemandirian belajar matematika dan perhatian orang tua dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan Teknik korelasi. Populasi targer sebanyak 95 siswa dengan sampel 77 siswa. Uji coba instrumen diberikan kepada 30 siswa, yang diambil di luar sampel penelitian. Uji untuk mengukur validitas instrumen dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Kriteria pengujian validitas adalah rhitung > rkritis pada 𝛼 (0,05) = 0,335 maka intrumen dikatakan valid. Sedangkan uji coba reliabilitas kriteria yang digunakan nilai Alpha Cronbach yang diperoleh pada rhitung > rtabel maka instrumen dikatakan reliabel. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel kemandirian belajar matematika rhitung = 0,830, untuk variabel perhatian orang tua rhitung = 0,826, dan untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematis rhitung = 0,945. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: Terdapat hubungan kemandirian belajar matematika (X1) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis