Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan model Grup Investigation ditinjau dari self confidence siswa. Self confidence siswa dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu siswa dengan self confidence tinggi dan self confidence rendah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kontrol post-test only kemampuan pemahaman konsep matematis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 169 dan SMPN 278 Jakarta pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 144 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Grup Investigation lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki self confidence tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki self confidence rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self confidence terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis.
|