Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas V SDN Mangga Besar 11 Pagi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini sebanyak 64 orang siswa, yang terdiri dari 32 orang siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan 32 orang siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa soal tes uraian sebanyak 20 soal, yaitu 10 soal tes kemampuan berpikir kritis dan 10 soal tes penguasaan konsep IPA. Uji validitas instrumen berbantuan SPSS menggunakan rumus Korelasi Product Moment diperoleh 10 soal valid untuk kemampuan berpikir kritis dan 10 soal valid untuk penguasaan konsep IPA. Uji reliabilitas tes kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA berbantuan SPSS menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Reliabilitas soal tes kemampuan berpikir kritis adalah 0,715 dan reliabilitas soal tes penguasaan konsep IPA adalah 0,780. Keduanya termasuk ke dalam kategori tinggi. Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan. Uji hipotesis pertama menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,029 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas V SDN Mangga Besar 11 Pagi. Uji hipotesis kedua menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas V SDN Mangga Besar 11 Pagi. Uji hipotesis ketiga menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,586 > 0,05 maka Ho diterima dan H1 ditolak, artinya tidak ada interaksi pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas V SDN Mangga Besar 11 Pagi.