Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Media Aplikasi Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur dan Pengaruh Media Aplikasi Quizizz terhadap Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode Quasi Eksperiment,dengan Desain Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 67 Siswa dimana terdapat dua kelas penelitian yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan masing-masing berjumlah 34 siswa. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dari penelitian diperoleh data rata rata motivasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 131,36 pada rentang skor 28-140, dengan standar deviasi sebesar 2,95, sedangkan motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 133,18 dengan standar deviasi sebesar 3,68. Untuk skor partisipasi, siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 130,18 dengan standar deviasi 4,69, sedangkan siswa kelas eksperimen rata rata partisipasinya sebesar 138,03 dengan standar deviasi 3,93. Hasil uji hipotesis dengan uji T untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,03. Adapun untuk variabel partisipasi belajar sebesar 0,00, kedua nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Aplikasi Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran IPA kelas V di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur.