Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Video animasi dalam Mata Pelajaran IPA terhadap keterampilan tingkat tinggi siswa kelas V SDN Rambutan 05 Pagi, Untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal dalam Mata Pelajaran IPA terhadap keterampilan tingkat tinggi siswa kelas V SDN Rambutan 05 Pagi dan Untuk mengetahui interaksi penggunaan media Video animasi dan kemampuan awal terhadap keterampilan tingkat tinggi siswa kelas V SDN Rambutan 05 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas, yakni penggunaan media dan kemampuan awal siswa dan satu variabel terikat yakni Pengambilan data dalam penelitian ini setelah perlakuan dilaksanakan, yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen yakni kelas menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Video animasi. Sedangkan kelas VA sebagai kelas kontrol yakni kelas yang tidak menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Video animasi. Metode analisis yang digunakan adalah Kruskal wallis dengan menggunakan sampel independent sebagai alternatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media video animasi dalam Mata Pelajaran IPA terhadap keterampilan tingkat tinggi siswa kelas V SDN Rambutan 05 Pagi dan terdapat pengaruh kemampuan awal dalam Mata Pelajaran IPA terhadap keterampilan tingkat tinggi siswa kelas V SDN Rambutan 05 Pagi.