Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis anak didik kelas XII SMK Guna Dharma Bandar Lampung (2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis anak didik kelas XII SMK Guna Dharma Bandar Lampung, dan (3) ada tidaknya interaksi antar problem based learning dan kemampuan pemahaman matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis anak didik SMK Guna Dharma Bandar Lampung.
Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh kelas XII SMK Guna Dharma Bandar Lampung dengan sampel kelas XII AKL sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi eksperimen. Pengumpulan data diambil dari nilai tes kemampuan pemahaman matematis dan nilai tes kemampuan pemecahan masalah anak didik. Tes berupa soal uraian sebanyak 10 soal yang mengacu pada indikator-indikator yag sesuai dengan materi yang disampaikan. Teknik analsis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis dua arah (Anava Two Ways) dengan uji lanjut menggunakan uji scheffe.
|