Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi secara mendalam tentang penerapan program pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak Kabupaten Bogor. Fokus pada evaluasi ini adalah penerapan program pembelajaran berdiferensiasi guru matematika di SMP Negeri 1 Cigudeg Kabupaten Bogor yang merupakan salahsatu pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluative (Evaluation Research). Model evaluasi yang digunakan pada peneltian ini adalah model CIPPO dengan lima aspek evaluasi yaitu context, input, process, product dan outcome sehingga dapat dihasilkan rekomendasi untuk program pembelajaran berdiferensiasi selanjutnya. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada aspek context, lingkungan program memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas, disosialisasikan kepada seluruh warga dan berkolobarasi dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan program. Sekolah memiliki SK penetapan sebagai pelaksana program sekolah penggerak dan memiliki lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif.. Pada aspek input peserta didik, komite pembelajaran, kurikulum , sarana dan prasarana, dan pendanaan telah memenuhi kriteria. Pada aspek process, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pembelajaran berdiferensiasi telah dilakukan dengan baik, secara konten, proses maupun produk. Pada aspek product, sebagian besar Peserta didik sudah mencapai tujuan pembelajaran, adanya peningkatan kompetensi aspek literasi dan numerasi dan peningkatan karakter profil pelajar pancasila. Pada aspek outcome, prestasi akademik aspek literasi dan numerasi SMP Negeri 1 Cigudeg mengalami peningkatan 40 % -70 %. Prestasi non akademik SMP Negeri 1 Cigudeg mengalami peningkatan.dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun masih perlu peningkatan terutama dalam kompetensi membaca teks informasi dan kompetensi pada domain bilangan. Peserta didik SMP Negeri 1 Cigudeg telah menyadari pentingnya nilai-nilai karakter pelajar pancasila. Namun masih perlu peningkatan karakter yang mendukung sikap bernalar kritis. SMP Negeri 1 Cigudeg dapat mewujudkan perasaan aman dan nyaman secara psikologis yang dialami peserta didik di sekolah sehari-hari. Namun, perlu adanya peningkatan kompetensi dalam menunjang kesejakteraan psikologis peserta didik, toleansi kesetaraan peserta didik, metode pembelajaran dan pengalaman peserta didik terkait rokok, minuman keras dan narkoba.
|