Abstrak  Kembali
akan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan analisis kesalahan tipe Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 269 Jakarta Kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes yang dianalisis menggunakan indikator kesalahan tipe Newman dan pedoman wawancara dengan metode semi terstruktur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 3,57% berupa tidak mengetahui kata kunci dari soal dan membaca satuan; (2) kesalahan memahami soal sebesar 23,21% berupa tidak mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan serta cara penulisan yang jelas; (3) kesalahan transformasi soal sebesar 36,38% berupa tidak dapat membuat model matematika atau rumus yang tepat dari soal, dan juga penulisan simbol rumus yang kurang jelas; (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 72,54% berupa kesalahan dalam menggunakan operai hitung; dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 82,81% berupa kesalahan tidak menyederhanakan perbandingan dan kesalahan dari tahap sebelumnya.