Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa gifted, dan kendala siswa yang menjadi kesalahan dalam menyelesaikan soal, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Sampel dari penelitian ini adalah siswa gifted sekolah menengah pertama yang berada di SMP Muhammadiyah 08 Jakarta sebnayak 3 siswa. Analisis kemampuan berpikir kritis dilakukan pada butir soal yang terdiri dari 5 soal uraian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi, pemberian soal, dokumentasi, dan wawancara. Validitas instrument dengan uji para ahli praktisi. Uji validitas menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi data. Uji reliabilitas menggunakan uji dependibilitas. Hasil analisis, kemampuan berpikir kritis matematika siswa gifted sudah sangat baik. Hal itu disebabkan karena semua komponen indikator berpikir kritis tercapai. indikator kemampuan berpikir kritis siswa seperti memberikan penjelasan, membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan lebih lanjut, mengatur strategi dan taktik, ketercapaian tersebut didukung oleh hasil kriteria hasil pemeriksaan psikologis yang menyatakan ketiga siswa tersebut adalah siswa gifted dengan aspek kemampuan dasar dan kepribadiannya kategori baik.