Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis
siswa gifted, dan kendala siswa yang menjadi kesalahan dalam menyelesaikan soal,
serta faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian kemampuan berpikir kritis
siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Sampel dari penelitian ini adalah
siswa gifted sekolah menengah pertama yang berada di SMP Muhammadiyah 08
Jakarta sebnayak 3 siswa. Analisis kemampuan berpikir kritis dilakukan pada butir
soal yang terdiri dari 5 soal uraian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.
Pengumpulan data dengan metode observasi, pemberian soal, dokumentasi, dan
wawancara. Validitas instrument dengan uji para ahli praktisi. Uji validitas
menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi data. Uji reliabilitas menggunakan
uji dependibilitas.
Hasil analisis, kemampuan berpikir kritis matematika siswa gifted sudah sangat
baik. Hal itu disebabkan karena semua komponen indikator berpikir kritis tercapai.
indikator kemampuan berpikir kritis siswa seperti memberikan penjelasan,
membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan lebih lanjut, mengatur
strategi dan taktik, ketercapaian tersebut didukung oleh hasil kriteria hasil
pemeriksaan psikologis yang menyatakan ketiga siswa tersebut adalah siswa gifted
dengan aspek kemampuan dasar dan kepribadiannya kategori baik.
|