Abstrak  Kembali
Pendidikan adalah suatu proses menuju kedewasaan. Dalam Islam kedewasaan ditandai dengan aqil baligh. Aqil baligh seharusnya tidak bisa dipisahkan. Perubahan zaman membuat ada kesenjangan dimana baligh terlalu cepat sedangkan aqil terlalu lambat. Hal ini berakibat pada banyak hal diantaranya lambatnya kedewasaan yang dapat dilihat pada kurangnya kemandirian, tanggung jawab dan daya juang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program persiapan aqil baligh dalam meningkatkan kompetensi kepribadian dimulai dari proses perencanaan, implementasi hingga proses evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SD Alam Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian SD Alam Tangerang telah memiliki program persiapan aqil baligh tersusun dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi program. Pada tahap perencanaan dibuat target kompetensi kepribadian yang menjadi acuan dalam penyusunan program sesuai dengan tingkatan kelas. Pada tahap pelaksanaan, dilakukan berbagai program yang memfokuskan pada pendidikan keimanan, kemandirian, tanggung jawab, kemampuan mengambil keputusan dan ketangguhan. Pendekatan yang dilakukan oleh SD Alam Tangerang dalam penerapan program aqil baligh adalah dengan membuat program berdasarkan tahapan perkembangan dan pendekatan bakat. Program persiapan aqil baligh yang dilakukan di SD Alam Tangerang dapat menjadi model untuk program persiapan aqil baligh.