Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model mind mapping terhadap pemahaman konsep IPA dan berpikir kreatif di SDN Palmerah 01 Pagi. Penelitian ini merupakan desain eksperimental semu (quasi-experimental design) pada kelas IV SDN Palmerah 01 Pagi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IVa dan IVb SDN Palmerah 01 Pagi yang berjumlah 46 siswa. Jumlah sampel penelitian adalah 46 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh model mind mapping terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV SDN Palmerah 01 Pagi (5,696 > 2,015) dan (2) ada pengaruh modol mind mapping terhadap berpikir kreatif peserta didik kelas VI di SDN Palmerah 01 Pagi (21,16 > 1,64) pada taraf nyata α = 0,05.