Abstrak  Kembali
Judul penelitian adalah Evaluasi Program Pendidikan Karakter dalam Muatan Pembelajaran IPS di Kelas Tinggi SD Aisyiyah Kota Sukabumi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan keberhasilan dari Program Pendidikan Karakter dalam Muatan Pembelajaran IPS di Kelas Tinggi, serta mengevaluasi agar mendapatkan hasil yang optimal dalam melayani dan membentuk karakter peserta didik dalam muatan pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model CIPP yang meliputi Contex, Input, Process, dan Product. Sumber data dalam penelitian ini adalah majelis dikdasmen Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Sukabumi, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, komite sekolah. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Evaluasi konteks menunjukkan program pendidikan karakter dalam muatan pembelajaran IPS memiliki landasan hukum dan tujuan cukup sesuai dengan visi dan misi sekolah. Evaluasi input menunjukkan perencanaan dari progam sudah baik, terdapat strategi dan struktur organisasi yang sudah jelas dengan prosedur yang sesuai standar melalui pedoman pendidikan karakter sistem penerimaan peserta didik sudah cukup baik dengan peraturan dengan adanya psikotes terlebih dahulu. Peningkatan kompetensi pendidik terus ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan. Kurikulum dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pendidikan karakter dalam mata pelajaran IPS. Evaluasi proses menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran cukup baik dengan pengembangan kurikulum. Evaluasi produk menunjukkan bahwa dengan adanya program pendidikan karakter dalam muatan pembelajaran IPS dalam meningkatkan keteramplan sosial yang membawa dampak yang baik seperti menumbuhkan sikap religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas bagi peserta didik .