Abstrak  Kembali
ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Kinestetik dengan hasil belajar Matematika Siswa SMP, dengan metode survei dan teknik korelasi menggunakan Google Formulir. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 184 Jakarta dan sampel yang diambil sebanyak 100 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purpose random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama tidak terdapat hubungan yang linear antara Kecerdasan Visual Spasial terhadap hasil belajar matematika siswa, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara Kecerdasan Visual Spasial dengan hasil belajar siswa 0,007 lebih kecil dari 𝛼 = 0,05 atau 0,007 < 0,05. Besarnya koefisien korelasi 0,534, yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah, shingga disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Visual Spasial dengan hasil belajar siswa. Hipotesis kedua terdapat hubungan yang linear antara Kecerdasan Kinestetik dengan hasil belajar Siswa, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara Kecerdasan kinestetik dengan hasil belajar siswa sebesar 0,825 > 0,05. Besarnya koefisien korelasi 0,228 yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan kinestetik dengan hasil belajar yang memiliki hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang negatif. Hipotesis ketiga tidak terdapat hubungan secara bersama-sama antara Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Kinestetik dengan hasil belajar siswa, yang ditunjukan dengan besarnya hasil sig. F change 0,250 > 0,05. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,168 menunjukan bahwa hubungan secara bersama mempunyai derajat hubungan yang rendah. Besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,008 artinya 0,8 % hasil belajar matematika siswa dapat diprediksi berdasarkan Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Kinestetik. Disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Visual Spasial den Kecerdasan Kinestetik dengan hasil belajar siswa dimasa pandemi Covid-19.