Abstrak  Kembali
Matematika pada jenjang sekolah dasar sering menjadi beban bagi peserta didik karena dianggap berat dan tidak menarik. Karenanya kemudian memunculkan macam-macam kesulitan ketika pembelajaran Matematika, salah satunya adalah rendahnya hasil belajar belajar sehingga tidak tercapainya kecakapan matematika. Banyak factor yang berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika, penelitian ini membatasi pada dua factor saja yaitu media video pembelajaran dan motivasi belajar. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk 1) mengetahui adanya pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika; 2) mengetahui adanya pengaruh antara media video pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika, dan; 3) mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar dan video pembelajaran terhadap belajar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan analisis kuantitatif dengan menggunakan teknis analisi varians 2 jalan (ANAVA) dengan uji lanjutan Tukey. Adapun populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas III SD Negeri Dukuh 01. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket yang berisikan pernyataan-pernyataan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dan tes hasil belajar Matematika, peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dan media video pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA(2x2) yang menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara model video pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dan pada interaksi antara keduanya terhadap hasil belajar Matematika. Peneliti juga menemukan adanya interaksi antarvariabel pada Uji Tukey dengan motivasi belajar memegang peranan tertinggi dalam memengaruhi hasil belajar Matematika peserta didik.