Penelitian ini berangkat dari kenyataan bahwa peran guru sekolah dasar (SD) bertanggung jawab terhadap pembentukan pengetahuan peserta didik dengan melibatkan mereka secara langsung pada konteks kehidupan sehari-hari. Secara spesifik, pada mata pelajaran IPS SD, hasil pembelajaran menunjukkan bahwa peserta didik masih belum memperoleh hasil yang optimal dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya seperti yang ditunjukkan dari ketidakmampuan peserta didik dalam menerapkan materi yang dipelajari pada konteks kehidupan nyata mereka. Oleh sebab itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas strategi pembelajaran kontekstual luar kelas dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPS peserta didik di SDN 03 Pondok Ranggon, Jakarta. Desain penelitian ini menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dengan melibatkan satu orang guru kelas dan satu kelas peserta didik tingkat V. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan belajar, tujuan pembelajaran, dan materi pembelajaran IPS yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dilakukan pada tahap analisis. Pada tahap perancangan, tujuan pembelajaran, indikator ketercapaian kompetensi, panduan penilaian, dan langkah-langkah pembelajaran kontekstual luar kelas dirumuskan. Tahap pengembangan melibatkan kerjasama dengan guru untuk membuat dan mengembangkan materi, alat, dan sumber daya pembelajaran. Implementasi dilakukan melalui persiapan awal, kunjungan ke peternakan sapi Cibugary, serta refleksi dan penyusunan laporan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual di luar kelas memiliki dampak positif pada keterlibatan aktif peserta didik, menghubungkan konteks nyata, kolaborasi, refleksi, dan aplikasi pengetahuan. Evaluasi formatif dan sumatif menunjukkan peningkatan nilai rata-rata IPS peserta didik dari 56 menjadi 78. Penelitian ini membuktikan efektivitas pembelajaran kontekstual di luar kelas dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik dan berpotensi memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang relevan dan berpusat pada peserta didik di SD.
|