Abstrak  Kembali
Progam Adiwiyata adalah gerakan yang dilakukan warga sekolah terkait peduli lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait pelaksanaan program Adiwiyata yang ada di sekolah dasar negeri Kecamatan Grogol Petamburan. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP yaitu context (konteks), input (masukan), process (proses) dan product (hasil). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif. Data ilmiah diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dokumentasi termasuk dokumen hasil belajar siswa. Wawancara dilakukan kepada warga sekolah yaitu pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tim Adiwiyata sekolah, siswa, pedagang kantin dan orang tua siswa atau warga sekitar. Hasil penelitian pelaksanaan program Adiwiyata bahwa komponen context, terkait visi, misi dan tujuan sekolah serta peraturan yang relevan telah terintegrasi dengan program Adiwiyata. Pada komponen input, anggaran program Adiwiyata telah tersedia dalam RKAS, tersedia sumber daya manusia sekolah meliputi guru dan siswa, sarana dan prasarana cukup memadai untuk mendukung program Adiwiyata, serta memiliki strategi menjadi sekolah Adiwiyata. Pada komponen process, sekolah telah melalui tahapan menjadi sekolah Adiwiyata, pembelajaran telah terintegrasi dengan program Adiwiyata, memiliki beragam aksi nyata yang dilakukan oleh warga sekolah. Komponen product, hasil belajar IPA kelas V rata-rata baik, memiliki beragam produk daur ulang sampah, guru dan siswa memiliki perilaku peduli lingkungan hidup.