Progam Adiwiyata adalah gerakan yang dilakukan warga sekolah
terkait peduli lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
informasi terkait pelaksanaan program Adiwiyata yang ada di sekolah dasar
negeri Kecamatan Grogol Petamburan. Model evaluasi yang digunakan
adalah CIPP yaitu context (konteks), input (masukan), process (proses) dan
product (hasil).
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif. Data
ilmiah diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dokumentasi termasuk
dokumen hasil belajar siswa. Wawancara dilakukan kepada warga sekolah
yaitu pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tim
Adiwiyata sekolah, siswa, pedagang kantin dan orang tua siswa atau warga
sekitar.
Hasil penelitian pelaksanaan program Adiwiyata bahwa komponen
context, terkait visi, misi dan tujuan sekolah serta peraturan yang relevan
telah terintegrasi dengan program Adiwiyata. Pada komponen input,
anggaran program Adiwiyata telah tersedia dalam RKAS, tersedia sumber
daya manusia sekolah meliputi guru dan siswa, sarana dan prasarana cukup
memadai untuk mendukung program Adiwiyata, serta memiliki strategi
menjadi sekolah Adiwiyata. Pada komponen process, sekolah telah melalui
tahapan menjadi sekolah Adiwiyata, pembelajaran telah terintegrasi dengan
program Adiwiyata, memiliki beragam aksi nyata yang dilakukan oleh
warga sekolah. Komponen product, hasil belajar IPA kelas V rata-rata baik,
memiliki beragam produk daur ulang sampah, guru dan siswa memiliki
perilaku peduli lingkungan hidup.
|