Abstrak  Kembali
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kecemasan Matematis dan Disposisi Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan. Metode yang dilakukan adalah metode survei dengan menggunakan Google Formulir, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan dan sampel yang diambil sebanyak 100 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling.instrumen penelitian berupa tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematis dengan hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara kecemasaman matematis terhadap hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,037 lebih kecil dari 𝛼 = 0,05 atau 0,037 < 0,05, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematis dengan hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,099, yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematis dengan hasil belajar yang memiliki besar hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang positif. Hipotesis kedua terdapat hubungan yang signfikikan antara disposisi matematis dengan hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,032 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,095 yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dengan hasil belajar yang memiliki besar hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang negatif. Hipotesis ketiga terdapat hubungan secara bersama-sama antara kecemasan matematis dan disposisi matematis terhadap hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil sig. F change 0,037 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kecemasan matematis dan disposisi matematis dengan hasil belajar. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,268 menunjukan bahwa hubungan secara bersama mempunyai derajat hubungan yang rendah. Besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,072 artinya 7,2% hasil belajar matematika siswa dapat diprediksi berdasarkan dan kecemasan matematis dan disposisi matematis. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematis dan disposisi matematis dengan hasil belajar yang memiliki besar hubungan rendah dan arah hubungan yang positif.