Abstrak  Kembali
Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berkaitan dengan kemampuan yang ingin dicapai, yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif yang akan timbul apabila peserta didik dibiasakan untuk melakukan kegiatan eksplorasi, inkuiri, penemuan dan memecahkan masalah. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 30 peserta didik kelas IV di SDIT Al-Barkah Cikarang, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain control group post test only. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal essay. Soal essay diberikan kepada peserta didik kelas IV di SDIT Al-Barkah Cikarang.. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dari kelompok eksperimen sebesar 83 dengan SD = 5.03, sedangkan kelas kontrol sebesar 73 dengan SD = 10.29. Adapun nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif dari kelas eksperimen sebesar 77 dengan SD = 6.39, sedangkan kelas kontrol sebesar 65 dengan SD = 10.84. Karena data dari kedua variabel berdistribusi normal dan homogen, maka analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan Microsoft Excel 2013.