Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Bojong 04 Kota Tangerang tahun ajaran 2019/2020. Dengan sampel yang digunakan dari populasi terjangkau diambil 30 siswa sebagai sampel uji coba instrumen dan 60 siswa dari sampel penelitian kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan faktorial 2x2 pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar IPS dan angket Motivasi berprestasi. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya uji pra syarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh hasil belajar IPS yang diberikan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (2 terdapat pengaruh hasil belajar IPS yang diberikan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning pada motivasi berprestasi tinggi (3) terdapat pengaruh hasil belajar IPS yang diberikan Pendekatan Pembelajaran Konvensional pada motivasi berprestasi rendah (4) adanya interaksi pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS. Jadi secara umum, disimpulkan bahwa
pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dan Motivasi berprestasi
berpengaruh terhadap hasil belajar IPS.
|