Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media
pembelajaran Geogebra dan media pembelajaran konvensional (PowerPoint)
terhadap hasil belajar Matematika pada materi Bangun Datar, untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Geogebra dan media PowerPoint yang memiliki Self-efficacy (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar Matematika pada materi Bangun Datar, dan untuk mengetahui pengaruh interaksi penerapan pembelajaran (Geogebra dan PPT) dan Self-efficacy terhadap hasil belajar Matematika pada materi Bangun Datar siswa kelas IV SD Bakti Mulya 400. Metode pada penelitian ini menggunakan Desain Eksperimen. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 48 siswa dari kelas IVA dan IVC di SD Bakti Mulia 400. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes Pilihan Ganda. Uji Normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan Uji Homogenitas menggunakan Barlett. Hasil penelitian ini menggunakan Anova dua jalur mendapatkan Hipotesis pertama menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran Geogebra dan Media PowerPoint terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas IV. Hipotesis kedua menyimpulkan tidak terdapat pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Geogebra dan media pembelajaran Konvensional (PowerPoint) berdasarkan Self- Efficacy siswa terhadap hasil belajar Matematika pada materi bangun datar siswa di SD Bakti Mulya 400. Hipotesis ketiga menyimpulkan tidak terdapat pengaruh interaksi penggunaan pembelajaran (Geogebra dan Media PPT) berdasarkan Self-efficacy siswa terhadap hasil belajar Matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV SD Bakti Mulya 400.
|